Pages

Sabtu, 08 Mei 2010

5 Cawalkot Perebutkan 65.517 Suara

Kartu Tanda Pemilih Mulai Dibagikan
SIBOLGA-METRO; Lima pasangan Calon Wali Kota (Cawalkot) dan Calon Wakil Wali Kota (Cawawalkot) Sibolga akan bertarung memperebutkan 65.517 suara di Pemilukada tanggal 12 Mei 2010 mendatang. Hal ini sesuai dengan jumlah kartu tanda pemilih yang akan didistribusikan KPUD Sibolga berdasarkan DPT yang telah ditetapkan.


"Mulai hari ini (Rabu 5/5, red), kita sudah mulai mendistribusikan kartu tanda pemilih dan formulir model C6 (pemberitahuan untuk memilih) ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan selanjutnya PPS nantinya akan kembali mendistribusikan kartu tanda pemilih dan formulir model C6 tersebut ke Kelompok Panitia Pemunggutan Suara (KPPS). Kemudian, oleh KPPS baru membagikan kartu tanda pemilih dan formulir model C6 itu ke seluruh warga yang terdaftar di DPT," ujar Ketua KPUD Kota Sibolga, Nadzran SE melalui Sekretarisnya, Samsuharmi menjawab METRO di ruang kerjanya, Rabu (5/5).


Menurutnya, sebelumnya KPUD telah menetapkan DPT, untuk kecamatan Sibolga Utara sebanyak 14.447 orang dan 43 lokasi TPS, Kecamatan Sibolga Kota sebanyak 12.137 orang dan 35 TPS, Kecamatan Sibolga Sambas sebanyak 16.062 orang dan 45 TPS, dan Kecamatan Sibolga Selatan sebanyak 22.871 orang dan 60 TPS.


"Jadi yang berhak memberikan suaranya dalam pemilukada Kota Sibolga sebanyak 65.517 orang dan total TPS sebanyak 183, dan maka jumlah kartu tanda pemilih yang akan didistribusikan KPUD sebanyak 65.517 sesuai dengan DPT yang sudah ditetapkan tersebut," sebut Samsuharmi.


Selain kartu tanda pemilih, lanjut Samsuharmi, surat suara Pemilukada sudah tiba sejak empat hari yang lalu yakni tepatnya Minggu (2/5) kemarin dan pihak KPUD Sibolga sudah mulai melakukan penyortiran yang dilakukan oleh pihak KPUD sendiri.


"Menyangkut surat suara cadangan, nantinya KPUD Sibolga akan menyediakan dua setengah persen dari jumlah pemilih tetap di TPS," ungkap Samsuharmi seraya menambahkan bahwa jumlah DPT tertinggi di TPS sebanyak 600 pemilih dan jumlah terendah sebanyak 300 pemilih.


Menurut dia, nantinya KPUD Sibolga akan mendistribusikan kertas surat suara tersebut ke TPS pada H -1 atau 1 hari sebelum digelarnya Pemilukada atau pada tanggal 11 Mei 2010.


Lebih lanjut Samsuharmi menjelaskan, logistik yang belum diterima KPUD Sibolga hingga saat ini adalah formulir untuk penghitungan yakni formulir model C untuk di TPS, formulir model DA untuk Kecamatan dan formulir DB untuk KPU.


"Mungkin dalam waktu dekat ini formulir tersebut sudah akan diterima KPUD Sibolga," ujarnya seraya menambahkan, nantinya untuk pengamanan di 183 lokasi TPS, KPUD Sibolga akan mengerahkan 2 orang petugas PAM Khusus dimasing-masing TPS. (metrosiantar.com)

0 komentar:

Posting Komentar