Pages

Sabtu, 08 Mei 2010

Sibolga Harus Berubah!

(f:metro/FELIKS MANALU)

SIBOLGA-METRO; Calon Wali Kota Sibolga nomor urut 4, Hotman Silalahi SH yang berpasangan dengan Syahril Piliang mengatakan, keinginannya maju menjadi orang nomor satu untuk memimpin di Negeri Berbilang Kaum ini bukanlah menginginkan kekuasaan, namun semata-mata hanya untuk menginginkan adanya perubahan yang signifikan di Kota Sibolga dan untuk menyejahterakan masyarakatnya.

Demikian disampaikan Hotman Silalahi SH didampingi Syahril Piliang menjawab METRO, Kamis (6/5) saat ditanya kenapa dirinya mau mencalonkan sebagai Wali Kota Sibolga, di sela-sela tatap muka bersama ratusan masyarakat di Pasir Bidang, Kelurahan Aek Habil, Kecamatan Sibolga Selatan.

Dikatakannya, sebelumnya, rasa keterpanggilan untuk membuat perubahan di Kota Sibolga sudah ada ketika masih aktif menjabat sebagai Kapolresta Sibolga karena banyak hal yang perlu dibenahi untuk memberikan kesejahteraan yang pasti kepada masyarakat Kota Sibolga.

"Buktinya, ketika saya sebagai Kapolresta Sibolga, saya tidak pernah mempermainkan hukum, bahkan saya selalu menunjukkan kepada masayarakat bahwa saya sebagai masyarakat biasa yang sama dengan mereka. Begitu juga halnya, bila ada yang mengundang saya untuk ikut bergotong-royong, maka saya akan turun sendiri untuk turut aktif terlibat bergotong-royong bersama," ujar Hotman.

Karena keaktifan bermasyarakat dan melihat masih banyaknya masyarakat yang tidak sejahtera, sementara kesejahteraan itu masih bisa diwujudkan, kata Hotman, maka ketika itu sangat banyak kalangan masyarakat yang memintakan agar dirinya turut maju sebagai calon Wali Kota Sibolga agar perubahan di Kota Sibolga dapat tercapai.

"Masyarakat tidak segan-segan memilih saya sebagai ketua panitia pembangunan di berbagai Gereja yang ada di Kota Sibolga ini, salah satunya saya diminta masyarakat sendiri sebagai ketua panitia pembangunan di Gereja Pasir Bidang ini," ungkapnya.

Saat ditanya, terkait visi-misi dan programnya untuk memberikan perobahan di Negeri Berbilang Kaum ini, Hotman Silalahi yang beristrikan Sonita br Simangunsong SH MSi ini mengatakan, sebelumnya harus diketahui terlebih dahulu data pengangguran yang ada di Kota Sibolga yang diketahui memiliki angka yang cukup tinggi.

"Sesuai data yang ada, bahwa tingkat penggangguran di Sibolga sangat besar yakni mencapai 9 ribuan jiwa. Hal ini terjadi kualitas Sumber Daya Manusia yang ada di daerah ini tidak sanggup bersaing dengan di daerah lain, sementara untuk memberikan lapangan kerja bagi mereka ini caranya sangat mudah dan jawabnya hanya ada pada program-program yang kita tawarkan kepada masyarakat. Bila masyarakat mau perobahan tentunya pilihlah pasangan Hot-Syah nomor urut 4," katanya.

Disamping itu, Hotman Silalahi mengaku prihatin dengan pencemaran lingkungan yang ada di Sibolga, salah satunya Pasir Bidang sendiri. Warganya setiap hari harus mencium aroma busuk sampah yang tidak sedap, dan dampaknya sangat membahayakan bagi warga sendiri. Sementara melalui program yang ditawarkannya kepada masyarakat, sampah tersebut bisa dijadikan menjadi uang dan sumber pendapatan sehari-harinya bagi masyarakat.

"Bila masyarakat memberikan kepercayaan kepada pasangan Hot-Syah untuk menjadi ‘Parhobas’ di Kota Sibolga ini, maka melalui program kedepan, kita akan membeli sampah rumah tangga untuk diolah menjadi kompos, briket arang, bio diesel, biji plastik, sebagai langkah awal menuju Sibolga bebas sampah tahun 2013. Maka sampah nantinya akan kita olah menjadi uang dan menjadikannya sebagai sumber pendapatan bagi masyarakat setiap harinya," ujarnya.

Menurutnya, ada tiga hal nantinya yang paling dioptimalkan untuk membawa perobahan bagi masyarakat Kota Sibolga yakni meningkatkan penguatan ekonomi kerakyatan, meningkatkan perbaikan pendidikan, serta meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan dan meningkatkan kesehatan.

"Bila ingin perubahan yang pasti, mari kita bersama-sama untuk merubah itu semua, siapa lagi kalau bukan kita, dan apakah penderitaan yang dialami masyarakat Kota Sibolga selama ini masih terus harus dibiarkan, tentunya tidak dan jawabnya hanya ada pada pasangan nomor 4 Hotman Silalahi-Syahrial Piliang," sebutnya.

Sebelumnya, kepada masyarakat Hotman Silalahi menjelaskan, ke-10 program aksi nyata mereka tersebut pertama adalah membuka lapangan usaha industri rumah tangga yang menyerap minimal 4380 tenaga kerja sampai dengan 2013 dengan fasilitas CSR (Coorporate Social Responsibility), PNPM Mandiri, Kelompok Pemuda Produktif, Bapak Angkat, Koperasi yang terkait dengan kelautan.

Kedua, lulusan perguruan tinggi mulai dari S1, D3, D2, D1, diarahkan sebagai konsultan pendamping, manager, UMKM, kelompok pemuda produktif, home industry, PNPM Mandiri, dan CSR. Serta ketiga, memberikan modal kerja bagi ibu rumah tangga.

Kemudian, keempat membeli limbah sampah rumah tangga untuk diolah menjadi kompos, briket arang, bio diesel, biji platik sebagai langkah awal menuju Sibolga bebas sampah tahun 2013. Kelima, memfasilitasi Jamsostek bagi nelayan, buruh pelabuhan, sopir/pengemudi, tukang becak, pedagang kaki lima. Dan masyarakat lainnya. Dan keenam adalah KTP berasuransi jiwa dan kesehatan.

Selanjutnya, ketujuh adalah memberikan bimbingan belajar gratis bagi kelas 3 SMP, SMA atau yang sederajat yang hendak melanjutkan studi serta bea siswa bagi mahasiswa yang berprestasi, aparatur, guru negeri maupun swasta, LSM, wartawan sesuai kebuthan disiplin ilmu.

Kedelapan, menjadikan PNS dan penempatan jabatan di semua eselon tidak pakai uang. Sembilan adalah memberikan pelayanan satu atap terhadap pengurusan KTP, IMB, perizinan, akte lahir, kartu keluarga, yang mudah dan cepat.

Kesepuluh adalah menata potensi seni dan budaya khas Sibolga untuk menunjang Sibolga sebagai daerah tujuan wisata serta menata fasilitas olahraga bulu tangkis, sepak bola, lapangan futsal berstandard internasional, volley, renang, beladiri, takraw, dan tennis lapangan.

"Untuk memajukan Kota Sibolga, kita harus bina dan kembangkan unit-unit usaha kecil dan menengah guna meningkatkan perekonomian masyarakat. Kami meyakni bahwa niat luhur tersebut akan dapat tercapai apabila warga Kota Sibolga memberikan dukungan dan memilih kami," kata Hotman Silalahi.

Maka, lanjut mantan Kapolresta Sibolga ini menjelaskan, bahwa melalui visi pasangan Hot-Syah kedepannya adalah mewujudkan membangun Kota Sibolga menjadi kota industri maritim yang berbilang kaum.

Sementara misi Hot-Syah adalah memberdayakan sistem pelayanan terpadu untuk menunjang industri maritim, meningkatkan dan mengembangkan industri maritim, pendidikan, kesehatan, perdagangan, dan jasa serta kegiatan distribusi, mewujudkan aparatur yang bersih dan berwibawa, mewujudkan Kota Sibolga berbudaya yang berbilang kaum, meningkatkan kehidupan beragama yang toleran dan berkembang, meningkatkan perempuan, serta penerapan prinsip kesetaraan gender dalam setiap aspek.

"Suatu kenyataan bahwa potensi utama perekonomian Kota Sibolga bersumber dari laut. Oleh sebab itu hasil laut harus kita kelola melalui proses industri untuk meningkatkan nilai tambah sekaligus menciptakan lapangan kerja baru dan menelayankan masyarakat. Inilah tekad yang akan kami wujudkan dalam membangun Kota Sibolga ini ke depannya," katanya seraya mengingatkan bahwa mereka bukanlah masalah akan tetapi kehadiran mereka adalah sebagai solusi.

Dalam kesempatan itu, Hotman Silalahi juga menegaskan, bila salah satu dari program 10 aksi nyata itu nantinya tidak dijalankan mereka, maka pasangan Hot-Syah siap dituntut oleh masyarakat sendiri.

"Kami sudah siapkan fakta integritas seperti kontrak politik yang akan kami berikan kepada masyarakat, bila salah satunya nantinya program kita tidak dijalankan, maka kami siap menerima sanksi dan kami siap dituntut dan diturunkan. Intinya Sibolga harus berubah," katanya.

Kampanye Hot-Syah

Sementara itu, di tempat terpisah, pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota nomor urut 4 Hotman Silalahi SH-Syahril Piliang (Hot-Syah) menggelar kampanye di Lapangan Simare-mare Sibolga, Jumat (7/5) dan didatangi ribuan warga.

Ny Hotman Silalahi Sonita br Simangunsong SH MSi kepada METRO mengatakan, kampanye pasangan Hot-Syah tersebut bertemakan ‘Kampanye Perubahan’. Artinya, kampanye yang sangat berbeda dengan kampanye yang dilakukan pasangan calon yang lainnya. "Lihat saja, antusias masyarakat rupanya sangat besar terhadap pasangan Hot-Syah. Sebelumnya, kami tidak mengerahkan massa dan tidak ada menggelar arak-arakan kendaraan, namun masyarakat sendirilah yang datang sendiri untuk memperoleh penjelasan terkait visi-misi dan program Hot-Syah.

Menurut dia, Hot-Syah melakukan kampanye tidak memberikan apa-apa kepada masyarakat, namun kerelaan masing-masinglah masyarakat datang.

Pantauan METRO, dalam kampanye Hot-Syah tersebut terlihat Hotman Silalahi memaparkan visi-misi dan program mereka secara langsung berbaur dengan masyarakat, walau tim kampanyenya tidak memberikan apa-apa namun masyarakat yang datang menyambut dan menanggapi positif terhadap pemaparan program-program yang disampaikan Hotman Silalahi secara bergantian dengan Syahril Piliang. (metrosiantar.com)

0 komentar:

Posting Komentar