Pages

Rabu, 26 Mei 2010

PT PLN Salurkan Bantuan Rehab Rumah Ibadah

PT PLN (Persero) menyalurkan bantuan untuk rehabilitasi enam rumah ibadah di Kota Sibolga, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) dan Kabupaten Tobasa. Melalui Program Partisipasi Pemberdayaan Lingkungan (P3L) itu, masing-masing rumah ibadah mendapat bantuan senilai Rp2 juta dalam bentuk material bahan bangunan.


Penyerahan bantuan tersebut diserahkan langsung Assistant Engineer Keselamatan Ketenagalistirkan dan Lingkungan Hidup (K2LH) Ir Irwan Dalimunthe, didampingi Ir Saripuddin Joko Suhata, Manager Tragi Sibolga Ir Anjur Simamjuntak, Supverpisor Operasi dan pemeliharaan Jaringan Gardu Induk Sibolga Pardamean Hutabarat, mewakili Manajer PT PLN (Persero) Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (P3B) Sumatera Unit Pelayanan Transmisi (UPT) Pematang Siantar Ir Edyansyah MBA dan selaku Ketua P3L Tahun 2010.


Manajer PT PLN (Persero) P3B Sumatera UPT Pematang Siantar Ir Edyansyah MBA, melalui Asistan K2LH Irwan Dalimunthe kepada METRO, Selasa (25/5), menjelaskan, PT PLN (Persero) P3B Sumatera UPT Pematangsiantar adalah perusahaan yang menyelenggarakan usaha penyaluran tenaga listrik bagi kepentingan umum dalam jumlah dan mutu yang memadai. Dia mengatakan, P3B Sumatera UPT Pematangsiantar juga yang melakukan kegiatan pembangunan serta pengoperasian instalasi yang tersebar di seluruh daerah baik di kota maupun pedesaan.


Dijelaskan dia, menyangkut program P3L PT PLN (Persero) P3B Sumatera UPT Pematangsiantar tahun 2010, sesuai visi merupakan sebagai perusahaan kelas dunia, sehingga perlu langkah-langkah sistematis dan teratur dalam mewujudkan tanggung jawab sosial. Hal itu sesuai motto perusahaan, listrik untuk kehidupan yang lebih baik (electricity for a better life) menjadi spirit PT PLN (Persero) serta anak-anak perusahaan dalam mengelola perusahaan maupun mengelola program kemitraan dan program partisipasi pemberdayaan lingkungan. "Hal ini dilaksanakan sebagai tanggung jawab sosial perusahaan Corporate Social Responsibility (CSR). Sebab bukan persoalan sederhana, dikarenakan hal ini berhubungan erat dengan ketulusan hati dan nurani kita dalam meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat, khususnya pada daerah-daerah di mana kegiatan usaha perusahaan dilaksanakan untuk mendorong kegiatan ekonomi yang berwawasan lingkungan," katanya.


Ia menyampaikan adapun rumah ibadah yang mendapat bantuan itu di antaranya Masjid Nurul Istiqomah Jalan Oswald Siahaan-Aek Tolang Pandan Tapteng, Gereja BNKI Jalan Oswald Siahaan-Aek Tolang Pandan Tapteng, Masjid Alfalah Tukka Tapteng, Gereja HKBP Sigotom, Tukka Tapteng, Gereja HKI Sipangan Bolon Parapat, Simalungun dan Masjid Nurul Iman Silamosi Porsea.


Pada kesempatan itu, Irwan Dalimunthe menjelaskan, selama ini, keberadaan instalasi kelistrikan harus dijaga dan untuk itu perlu melibatkan peran aktif masyarakat di sekitar lingkungan instalasi gardu induk maupun transmisi line 150 kV. Maka, salah satu cara untuk meningkatkan peran aktif masyarakat adalah program kepedulian, pembinaan sumber daya manusia yaitu dengan melaksanakan program P3L. Sehingga masyarakat yang bermukim di sekitar instalasi PT PLN (Persero) dapat merasakan manfaat dan saling menguntungkan, sebab bila terjalin kerja sama yang baik maka penyaluran energi listrik tidak terganggu ke daerah yang dilalui jaringan (Instalasi PT PLN).


Menurut dia, tujuan program partisipsi P3L ini adalah untuk memulihkan dan meningkatkan citra perusahaan dan menggali dukungan masyarakat kepada PT PLN (Persero ) agar ikut menjaga dan merasa memiliki instalasi PT PLN (Persero). Dikatakan dia, bantuan yang diberikan PLN tidak hanya kepada rumah ibadah, juga melakukan penyuluhan-penyuluhan seperti memberikan bantuan rehabilitasi panti asuhan/panti jompo, bantuan sarana pendidikan/pelatihan (perpustakaan, buku paket pelajaran, pakaian seragam peralatan olah raga), bantuan sarana kesehatan, bantuan peningkatan atau perbaikan sanitasi lingkungan, dan bantuan rehabilitasi prasarana dan sarana umum.(metrosiantar.com)

0 komentar:

Posting Komentar