Pages

Minggu, 23 Mei 2010

Tapteng Peroleh Rp52,7 Miliar

Kabupaten Tapanuli Tengah menerima dana sebesar Rp52.750.000.000 dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM). Dana tersebut diperuntukkan untuk 20 kecamatan di Kabupaten Tapanuli Tengah.


Demikian dikatakan Direktur Kelembagaan dan Pelatihan Masyarakat, Direktorat Jenderal Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Drs Arwan E Surbakti, MSi, pada acara Semi Loka DPRD Tapteng dengan PNPM Mandiri Pedesaaan Kabupaten Tapanuli Tengah, Senin, (10/5) di Hotel Bumi Asih Pandan, Tapanui Tengah.


Dijelaskannya, pada 2007 lalu pemerintah telah menetapkan suatu kebijakan untuk percepatan penanggulangan kemiskinan yang berbasis pemberdayaan masyarakat ke dalam kerangka PNPM. Selain PNPM perdesaan yang dikelola oleh Kementerian Dalam Negeri dan PNPM Mandiri perkotaan oleh Kementerian Pekerjaan Umum, terdapat pula program pembangunan daerah tertinggal dan khusus dari Kementerian pembangunan daerah tertinggal, program pembangunan infrastruktur perdesaan dari kementerian pekerjaan umum, program pengembangan usaha agribisnis perdesaan dari kementerian pertanian, dan lain sebagainya.


Oleh karena itu, Pemerintah Indonesia, melalui PNPM Mandiri pedesaan, sebagai suatu proses pembelajaran, telah melatih dan mengorganisir masyarakat desa untuk mampu menemukenali kebutuhan, mengemukakan pendapat dan usulan kegiatan, menyusun prioritas, mengambil keputusan, dan melaksanakan pembangunan secara mandiri.


Sementara itu, Bupati Tapteng dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten I Ir Aris Sutrisno mengatakan, PNPM Mandiri untuk Kabuapten Tapteng dimulai sejak 2003 dengan nama program pengembangan kecamatan (PPK) yang dialokasikan untuk lima kecamatan. Dan sejak 2008 berubah nama menjadi PNPM Mandiri Pedesaan yang dialokasikan untuk enam kecamatan dengan dana Rp 6.171.790.000. Pada 2009 dialokasikan untuk 20 kecamatan dengan total Rp31.200.000.000, dan untuk 2010 dialokasikan untuk 20 Kecamatan dengan total dana Rp52.750.000.000. Sehingga total dana PPK/PNPM sejak tahun 2003-2010 Rp116.200.000.000


Kepala Kantor PMD-P Kabupaten Tapteng Dra Anita M Situmorang yang dikonfirmasi BATAKPOS menjelaskan, tujuan dari semiloka DPRD Tapteng dengan PNPM Mandiri adalah, memperkuat komitmen DPRD Tapteng dalam rangka penanggulangan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat. Memperkuat koorinasi lintas sektor dalam program-program pemberdayaan masyarakat maupun penanggulangan kemiskinan di Tapteng. Menyusun rencana strategis program penanggulangan kemiskinan daerah, serta memperkuat forum DPRD Tapteng dalam menyusun rencana kerja pembangunan daerah di Tapteng.


Disinggung tentang keberadaan dana tersebut apakah sudah disalurkan atau belum, Anita mengakui bahwa dana tersebut sudah turun dari pusat dan saat ini berada di Kantor Pelayanan Pajak Negara (KPPN) Sibolga. (batakpos-online.com)

0 komentar:

Posting Komentar