Pages

Jumat, 30 April 2010

Puluhan Ribu Massa Hadiri Kampanye Perdana SARMA

SIBOLGA-METRO; Puluhan ribu massa pendukung dan simpatisan pasangan calon Wali Kota-Wakil Wali Kota Sibolga, Drs HM Syarfi Hutauruk-Marudut Situmorang AP MSP, Jumat siang (30/4) kemarin memadati Jalan Mojopahit, Kecamatan Sibolga Sambas, Kota Sibolga saat kampanye perdana kedua pasangan yang diusung koalisi 18 partai tersebut.

Puluhan ribu massa itu berasal dari kelurahan-kelurahan yang ada di empat kecamatan di Kota Sibolga, yang penuh antusias dengan mengendarai kendaraan roda dua dan empat, roda tiga serta tak ketinggalan ada yang berjalan kaki ingin melihat dari dekat figur calon pemimpin Kota Sibolga lima tahun mendatang itu.

Saat menyampaikan orasi politiknya, calon Wali Kota, Drs HM Syarfi Hutauruk mengajak warga Sibolga agar bersama-sama satu hati membangun Kota Sibolga menjadi lebih aman, damai dan sejahtera lima tahun kedepan. "Dengan satukan hati, kita bisa menyelesaikan semua persoalan yang terjadi di Kota Sibolga. Dengan satukan hati, kita mampu bebaskan masyarakat dari kemiskinan secara perlahan-lahan. Dengan satukan hati, kita bisa mengelola potensi perikanan yang dimiliki oleh Kota Sibolga. Dan dengan satukan hati, kita bisa mengelola objek-objek yang lain sebagai sebuah potensi bagi PAD Kota Sibolga," kata Syarfi.

Syarfi mengaku bahwa Kota Sibolga punya potensi yang luar biasa, seperti dari bidang perikanan, namun kenapa itu tidak digali untuk diberdayakan demi kesejahteraan dan kemakmuran warga di Kota Sibolga? Syarfi juga mengatakan bahwa program-program pemberdayaan yang diberikan kepada masyarakat akan dilaksanakan demi peningkatan kesejahteraan masyarakat Sibolga.

"Saya tidak mau mengatakan bahwa keberhasilan lima tahun kedepan itu adalah keberhasilan wali kota dan wakil wali kota saja nantinya. Saya harus mengatakan bahwa keberhasilan pemerintah kota pada lima tahun kedepan adalah keberhasilan unsur pemerintah yang secara bersama dengan masyarakat membangun Kota Sibolga. Karena pasangan wali kota dan wakil wali kotanya adalah paket dan dipilih secara langsung oleh masyarakat Kota Sibolga itu sendiri," pungkas Syarfi seraya mengatakan motto pasangan SARMA adalah Sibolga Untuk Semua. Karena itu, kata pria yang dekat dengan kalangan wartawan ini, bahwa dirinya sangat mengetahui apa yang menjadi kebutuhan warga Kota Sibolga saat ini, sehingga ia meminta kepercayaan dari warga Kota Sibolga untuk memilih pasangan SARMA menjadi pemimpin di kota berbilang kaum tersebut. "Untuk itu, kami berharap agar masyarakat Sibolga memberikan kepercayaan pada tanggal 12 Mei mendatang kepada pasangan SARMA menjadi pemimpin Kota Sibolga, untuk memberikan yang terbaik bagi warga Kota Sibolga," ujarnya.

Sementara itu, calon Wakil Wali Kota Sibolga, Marudut Situmorang AP MSP mengatakan, dirinya maju sebagai calon wakil wali kota berpasangan dengan Drs HM Syarfi Hutauruk adalah untuk memberikan perubahan bagi negeri berbilang kaum itu menjadi lebih baik di masa mendatang. Perubahan itu meliputi, kemudahan akses perkreditan rakyat, pengembangan potensi pariwisata, jaminan sosial masyarakat, peningkatan PAD, reformasi birokrasi, pengutamaan pelayanan publik. "Selain itu, program jaminan kesehatan yang berkualitas, membangun pemukiman sehat, pendidikan bersubsidi dan berkualitas, membangun kehidupan beragama yang berkeadilan, fasilitas pengolahan ikan dan industri rumah tangga," ujar Marudut.

"Kami tidak menyangka, sambutan dan antusias ribuan masyarakat yang diperkirakan hampir mencapai tiga puluh ribuan menghadiri kampanye perdana pasangan SARMA. Ini merupakan bukti bahwa masyarakat Sibolga sangat menginginkan perubahan yang lebih baik," ungkap Marudut disambut yel-yel pendukungnya dengan mengatakan Hidup SARMA, SARMA Menang, Coblos Nomor 2.

Sebelumnya, juru kampanye nasional (Jurkamnas) HR Muhammad Syafi’i SH MHum menegaskan, dirinya mengenal cukup dekat sosok Drs HM Syarfi Hutauruk sebagai politisi nasional yang taat beragama dan berjiwa nasionalis serta memiliki kolega hingga ke pemerintah pusat. Dia menilai, pasangan SARMA yang merupakan perpaduan politisi dan birokrat muda yang energik itu nantinya mampu meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat Sibolga serta mampu pula mewujudkan pembangunan yang berasaskan kerakyatan.

"Sekaligus juga di sini saya mengimbau kepada Alumni Himpunan Mahasiswa Islam yang ada di Sibolga untuk memberikan dukungan dengan memilih Drs HM Syarfi Hutauruk yang merupakan kader HMI dan juga mantan Pengurus Besar HMI," ujar Syafi’i yang juga ketua umum Majelis Pimpinan Wilayah Kolektif (MPWK) Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Sumatera Utara tersebut.

Hal senada juga dikemukakan politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sumatera Utara, Gatot Pujo Nugroho yang juga Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu), yang ikut menjadi jurkam pasangan SARMA mengatakan, sebagai politisi yang matang dan berpengalaman selama menjadi anggota DPR-RI tiga periode berturut-turut, tentu memiliki kemampuan yang tidak diragukan lagi untuk membangun dan menata sistem pemerintahan yang baik.

Karena, kata Gatot, Sibolga juga membutuhkan pemimpin yang egaliter dan mau melayani kepentingan seluruh elemen masyarakat dengan baik serta mampu mengemban amanah rakyat. "Sosok Syarfi Hutauruk selama ini sangat dekat dengan rakyat, karena dia senantiasa turun ke masyarakat dan menampung aspirasi, inilah sosok yang pas menjadi pemimpin Sibolga," seru Gatot Pujo Nugroho seraya mengajak masyarakat menjatuhkan pilihannya kepada nomor urut 2 di pemilukada Sibolga 12 Mei 2010 nanti.

Mantan anggota DPRD-SU dari PPP, Muhammad Zahrin Piliang juga mengakui, Syarfi Hutauruk adalah teman sekolahnya di SD Pasar Sorkam. Zahrin mengatakan, kalau ada isu yang menyatakan Syarfi tidak memiliki ijazah, hal itu adalah isu yang sangat menyesatkan dan cenderung dilakukan untuk mematikan karakter Drs HM Syarfi Hutauruk.

"Itu adalah isu yang tidak benar, karena saya mengenal dan tahu betul siapa Syarfi Hutauruk, politisi handal yang berasal dari Sorkam yang berkecimpung di tingkat nasional. Beliau bukan saja sebagai putra daerah, tetapi juga sebagai putra Indonesia dan milik seluruh bangsa Indonesia," ujar Zahrin yang juga Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Sumatera Utara itu.

Mantan anggota DPR RI, H Razman Arif, yang merupakan ketua DPD PKPB Sumut juga membenarkan bahwa Syarfi Hutauruk adalah politisi yang sudah teruji kemampuannya, baik di tingkat lokal maupun nasional. "Masyarakat Sibolga jangan lagi ragu untuk menjatuhkan pilihan kepada Drs HM Syarfi Hutauruk sebagai wali kota Sibolga, yang berpasangan dengan birokrat muda yang energik, Marudut Situmorang AP MSP yang ahli dalam pemerintahan. Untuk itu kami tegaskan, masyarakat Sibolga, khususnya kader PKPB Sibolga untuk tidak ragu lagi menjatuhkan pilihan dengan mencoblos pasangan nomor urut 2 pada pemilukada mendatang," tandasnya.

Pantauan METRO, sebelum menuju lokasi kampanye, pasangan SARMA bersama juru kampanye disertai puluhan ribu massa pendukung mengadakan pawai. Dan di sepanjang perjalanan, masyarakat Sibolga dengan antusias menyambut kedatangan calon pemimpin Kota Sibolga yang diyakini mampu memberikan perubahan yang lebih baik untuk Kota Sibolga. Hadir juga ketua-ketua 18 partai politik, elemen-elemen, maupun ormas-ormas pendukung pasangan SARMA. Terlihat juga ratusan aparat kepolisian yang berjaga-jaga disepanjang jalan maupun di lokasi kampanye untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak dimungkinkan terjadi.

Sibolga ‘Sepi’

Saat kampanye perdana pasangan SARMA di Jalan Mojopahit Sibolga, aktivitas di Kota Sibolga terlihat sepi. Diperkirakan puluhan ribu warga Kota Sibolga memilih mengikuti kampanye pasangan nomor urut 2 tersebut. Amatan METRO, Jumat (30/4) mulai pagi harinya sejumlah massa dari setiap lingkungan yang ada dari 17 Kelurahan se-Kota Sibolga terlihat sudah mulai diangkut keberbagai mobil truk yang sudah disediakan oleh tim pemenangan SARMA untuk dibawa ke lokasi kampanye di Jalan Mojopahit Sibolga.

Akibatnya, berbagai aktivitas di perkotaan dan keramaian seperti di pusat Pasar Sibolga Nauli, Stasiun Terminal Sibolga, Pelabuhan Samudera Sibolga, dan diberbagai pusat perbelanjaan yang biasanya setiap harinya sangat ramai dan dipadati warga untuk melakukan berbagai aktivitas, namun menjadi terlihat sangat sepi.

Polresta Terjunkan 117 Porsenil

Sementara itu, Kapolresta Sibolga AKBP Jonni Sebayang SH melalui Wakapolresta Sibolga Kompol Arbain Panggabean SH MH saat ditemui di ruang kerjanya menjelaskan, hampir seluruhnya personil aparat Polresta Sibolga dikerahkan untuk melakukan pengamanan pada kampanye pasangan SARMA tersebut. Hal ini dilakukan mengingat massa yang datang untuk mengikuti kampanye tersebut dipastikan cukup banyak.

Menurutnya, hal itu dilakukan guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan bersama terjadi. "Makanya, dari 150 personil aparat Kepolisian di jajaran Polresta Sibolga yang kita kerahkan untuk melakukan pengamanan sebanyak 117 personil dan yang tinggal dikantor sebanyak 33 personil saja," katanya.

Sumber : metrosiantar.com

0 komentar:

Posting Komentar