Pages

Rabu, 14 April 2010

Pembangunan Kubah Masjid Agung Hampir Rampung

Wakil Walikota Sibolga H Afifi Lubis, SH yang juga Ketua Panitia Pembangunan Masjid Agung bersama Ketua DPRD Sibolga Syahlul Umur Situmeang meninjau pelaksanaan pembangunan tujuh kubah Masjid Agung Sibolga, Rabu (7/4).

H Afifi Lubis, SH didampingi Syahlul Umur Situmeang kepada BATAKPOS di sela-sela peninjauan mengatakan, pembangunan tujuh kubah Masjid Agung yang dilakukan oleh perusahaan yang sudah pengalaman membangun kubah masjid-masjid besar di Indonesia yang sudah dimulai sejak awal Januari 2010 lalu, rencananya akan selesai pada akhir April 2010 mendatang.

“Ketujuh kuba tersebut, terdiri dari satu kubah utama, empat kubah anak, dan dua kubah tempat wudhu. Dibuat dari bahan Galpanis Steel Panel struktur ringan yang dapat tahan lama berjenis balljoint dengan bentuk sistem rangka modern dan dikombinasikan dengan bahan polycarbonate, sehingga memungkinkan cahaya masuk ke dalam masjid, begitu juga sebaliknya,” jelas Afifi.

Dikatakan dia, tahap pembangunan Masjid Agung sebagai masjid tua dan masjid terbesar di Sibolga, hingga saat ini sudah mencapai 65 persen dan selanjutnya akan dilakukan finishing dengan membuat lantai berbahan granite. Diharapkan pembangunan Masjid Agung yang dirancang untuk menampung 6.000 jama’ah dengan luas 500 meter persegi itu dapat rampung dibangun pada awal 2011.

“Untuk merampungkan pembangunan Masjid Agung Sibolga, panitia sudah mengajukan permohonan bantuan kepada Pemerintah Kota (Pemko) Sibolga melalui program pembangunan rumah-rumah ibadah dan saat ini masih menunggu proses persetujuan APBD 2010. Mengingat pembangunan ini merupakan kepentingan rumah ibadah, diharapkan partisipasi masyarakat dan anggota legislatif agar pembangunan berjalan dengan lancar,” harapnya.

Pada kesempatan itu, Afifi Lubis juga mengharapkan partisipasi masyarakat, baik yang ada di Kota Sibolga maupun yang ada di perantauan untuk tetap memberikan sumbangan, bantuan maupun infaq bagi kelanjutan pembangunan Masjid Agung Sibolga yang telah dibangun sejak akhir 2007 lalu.

“Mudah-mudahan pembangunan Masjid Agung Sibolga ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, sehingga masjid agung ini akan menjadi terbesar di Kota Sibolga dan menjadi ikon Kota Sibolga kedepan,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Ketua DPRD Kota Sibolga Syahlul Umur Situmeang juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Sibolga untuk memberikan bantuan dan sumbangan demi kelanjutan pembangunan Masjid Agung hingga rampung. (batakpos-online.com)

0 komentar:

Posting Komentar