Pages

Jumat, 30 April 2010

Tiga Pasangan Calon Walikota Belum Laporkan Dana Kampanye ke KPUD Sibolga

Tiga dari lima pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Sibolga periode 2010 – 2015 yang bertarung dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Sibolga pada 12 Mei 2010 nanti, hingga kini belum melaporkan baru dana kampanye awal ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sibolga. Hingga Selasa (27/4) pukul 18.00 WIB baru dua pasangan calon yang sudah menyerahkan laporannya.

"Hingga Selasa (27/4) ini, baru dua pasangan calon yang sudah melaporkan dana kampanye ke KPUD Sibolga, yakni pasangan HM Syarfi Hutauruk–Marudut Situmorang sebesar Rp225.000.000. Kemudian, pasangan H. Afifi Lubis–Halomoan P Hutagalung, SE sebesar Rp227.925.000," kata Ketua KPUD Sibolga, Nazran melalui Sekretarisnya, Samsuharmi kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (27/4).

Sementara, lanjut Samsuharmi, tiga pasangan calon lainnya yakni, Wilpren Gultom–H. Hazmi Arif Simatupang, Hotman Silalahi–Syahril Piliang dan pasangan RH Sianturi–Ulam Raya Hutagalung, belum melaporkan dana kampanye awalnya ke KPUD setempat.

"Kita sudah menyurati masing–masing tim kampanye yang belum menyerahkan laporan dana kampanye, namun mereka sudah berjanji bahwa laporan itu akan diserahkan dalam waktu dekat ini," ujar Samsuharmi.

Bila ada tim kampanye yang tidak jujur melaporkan jumlah dana kampanye, Samsuharmi mengatakan, sesuai peraturan KPU meminta akuntan publik untuk mengaudit dana kampanye calon. "Jika akuntan publik menemukan sumber dana yang tidak jelas asal usulnya, maka sanksinya dana tersebut akan disita untuk Negara," tukasnya.

Selain itu, kata dia, jika ada penyumbang dana kepada rekening pasangan calon melebihi standar yang telah ditetapkan KPU, maka sisa dana juga akan disita untuk Negara. "Semuanya ada aturan dan tidak boleh sembarangan untuk melakukan pengiriman dana kepada rekening tim kampanye para calon dan harus dilaporkan ke KPUD Sibolga," jelas Samsuharmi.

Calon Wakil Walikota Sibolga, H. Hazmi Arif Simatupang saat dihubungi mengaku telah menyerahkan laporan dana kampanye tersebut langsung ke akuntan publik. "Berapa besaran dana saya kurang tahu pasti, tapi itu telah kita laporkan beberapa waktu lalu," singkatnya.

Visi Misi

Sementara, lima pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Sibolga tersebut saat penyampaian visi misi melalui sidang paripurna yang dipimpin langsung Ketua DPRD Sibolga, Syahlul U Situmeang di ruang rapat utama gedung dewan Jalan S Parman, Sibolga, Senin (26/4).

Kelima pasangan calon sesuai nomor urut masing–masing, pasangan Wilfren Gultom–H. Hazmi Simatupang, HM Syarfi Hutauruk–Marudut Situmorang, H. Afifi Lubis–Halomoan Hutagalung, Hotman Silalahi–Syahril Piliang dan RH Sianturi–Ulam Raya Hutagalung dalam pemaparan intinya sama–sama komitmen untuk membangun dan mengangkat kesejahteraan masyarakat Sibolga.

Dihadapan anggota DPRD, KPUD, unsur Muspida dan Muspida Plus, pemuka agama, tokoh pemuda, tokoh masyarakat, unsur Parpol, SKPD dan Panwaslu, kelimanya diberikan waktu 15 menit untuk menyampaikan visi misi.

Usai penyampaian, kelima calon melakukan penanda tangan nota kesepakatan kampanye damai dan pelaksanaan Pilkada Sibolga 2010 yang aman, damai, jujur dan adil dipandu Ketua KPUD Sibolga, serta disaksikan Kapolresta Sibolga, Kejari Sibolga, Dandim 0211/TT, FKUB, tokoh masyarakat, KNPI, wakil rakyat, Panwaslu, KPUD dan masing–masing Ketua tim kampanye calon Walikota dan Wakil Walikota Sibolga tadi.

Pantauan di lapangan, usai penyampaian visi misi sekitar pukul 12.00 WIB, masing–masing pasangan calon bersama simpatisan masing-masing menggelar pawai damai yang dilepas Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Sibolga, Saiful Bahri Hasibuan mewakili Walikota Sibolga di depan halaman kantor KPUD Sibolga pada pukul 14.00 WIB.

Ketua KPUD Sibolga dalam arahannya, meminta masing–masing calon dan simpatisannya agar pada tahapan pelaksanaan Pilkada ini dapat mematuhi semua peraturan dan ketentuan dan menjaga demi terciptanya penyelenggaran Pilkada di Kota Sibolga yang damai. Seluruh rangkaian kegiatan itu dikawal ketat puluhan personil Polresta Sibolga. (analisadaily.com)

0 komentar:

Posting Komentar