Pages

Rabu, 09 Juni 2010

MGMP Memotivasi Guru Lebih Terampil

Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Sibolga menggelar Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) tingkat SMA/MA, selama tiga hari dimulai, Rabu (9/6) hingga Jumat (11/6), di aula SMAN 1 Sibolga Jalan S Siswomoharjo Nomor 1 Sibolga. Kegiatan itu bertujuan untuk motivasi guru agar lebih mampu & terampil.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Sibolga Drs Rustam Manalu, dalam sambutannya, berharap melalui kegiatan MGMP, setiap guru dapat terus mengasah kemampuan profesionalnya guna mengimbangi berbagai tuntutan perubahan pendidikan yang terjadi, serta meningkatkan mutu kompetensi profesionalisme guru. "Sebagaimana kita ketahui, MGMP merupakan suatu forum atau wadah profesional guru mata pelajaran tertentu dan bertujuan untuk memotivasi guru guna meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam merencanakan, melaksanakan, dan membuat evaluasi program pembelajaran dalam rangka meningkatkan keyakinan diri sebagai guru professional serta mampu menyusun Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)," katanya.

Menurut dia, kemampuan dan kemahiran guru dalam melaksanakan pembelajaran yang diterapkan di masing–masing sekolah, akan mampu meningkatkan pemerataan mutu pendidikan bagi setiap murid. Sehingga berproses pada reorientasi pembelajaran yang lebih efektif. "Untuk itu, saya meminta agar seluruh peserta MGMP serius mengikutinya. Sehingga mutu pendidikan di Kota Sibolga makin baik dan lebih maju," tukasnya, sembari menambahkan bahwa dalam waktu dekat Disdik Propinsi Sumatera Utara telah membuat suatu program bagi guru yakni ‘One teacher, One Laptop’ guna peningkatan mutu pendidikan melalui teknologi.

Sebelumnya, Ketua Panitia MGMP Milson Pane, dalam laporannya mengatakan, tujuan digelarnya MGMP bagi guru–guru adalah untuk meningkatkan kualitas dan kuwantitas pendidikan saat dilangsungkannya proses belajar mengajar di setiap sekolah. Sehingga anak didik mampu memahami dan mengikuti setiap mata pelajaran yang diajarkan oleh para guru. "Kegiatan ini berlangsung tiga hari dan diikuti 61 guru, masing–masing guru kimia sebanyak 20 orang, Guru Teknologi Informatika dan Komunikasi (TIK) sebanyak 20 orang dan Guru IPS sebanyak 21 orang," ujar Milson dalam laporannya.

Sebagai narasumber dalam kegiatan MGMP itu, Kadisdik Sibolga Drs Rustam Manalu, K Hasugian, Milson Pane dan Rudolf S Butarbutar. Sementara materi yang disajikan meliputi, kebijakan program dan strategi pembinaan Disdik Kota Sibolga, Pengembangan perangkat pembelajaran, Penilaian dan penentuan kriteria ketuntasan minimal (KKM), Remedial dan pengayaan, serta praktek pembuatan perangkat pembelajaran. (metrosiantar.com)

0 komentar:

Posting Komentar