Pages

Rabu, 09 Juni 2010

83 Peserta Ujian Nasional Dari Paket A, B dan C

Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Sibolga pada 22 Juni hingga 1 Juli 2010 mendatang akan menggelar Ujian Nasional (UN) paket A setara SD, paket, B setara SMP dan paket C setara SMA. Jumlah peserta seluruhnya 83 orang.

"Jumlah keseluruhan yang akan mengikuti sebanyak 83 orang, masing–masing untuk paket A sebanyak 8 orang dan paket B sebanyak 26 orang dengan lokasi ujian dilangsungkan di gedung SDN 084087 Jalan Tuanku Dorong Hutagalung tepatnya di depan kantor Disdik Kota Sibolga. Sedangkan paket C sebanyak 49 orang dengan lokasi ujian di gedung SMAN 1 Sibolga," ujar Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Sibolga Rustam Manalu, didampingi Kabid Pendidikan Luar Sekolah Dra Malem Ukur, kepada METRO di ruang kerjanya, Rabu (9/6).

Dijelaskan Rustam, sesuai jadwal ujian untuk paket A dilaksanakan selama 3 hari dimulai Selasa (29/6), dengan mata pelajaran yang diujikan Pendidikan Kewarganegaraan dan IPS, Rabu (30/6) adalah mata pelajaran IPS dan Bahasa Indonesia, Kamis (1/7) adalah mata pelajaran matematika. Untuk paket B, pada hari Selasa (29/6) mata pelajaran yang diujikan Pendidikan Kewarganegaraan dan Matematika, Rabu (30/6) adalah mata pelajaran IPS dan Bahasa Indonesia, Kamis (1/7) adalah mata pelajaran Bahasa Inggris dan IPA.

Sedangkan untuk paket C, sambung Rustam, akan digelar selama 4 hari yang dimulai pada hari Selasa (22/6) dengan mata pelajaran yang diujikan Pendidikan Kewarganegaraan dan Bahasa Inggris, Rabu (23/6) mata pelajaran Sosiologi dan Geografis, Kamis (24/6) mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Ekonomi. Sementara Jumat (25/6) hanya mata pelajaran Matematika.

Dikatakan Rustam, seluruh siswa paket A, B dan C yang akan mengikuti ujian telah mendapat pembelajaran dari Disdik kota Sibolga yang dilaksanakan tiga kali dalam satu minggu dengan system Prosedur Operasional Standard (POS). "Saat ujian digelar, seluruh siswa memakai baju biasa dan rapi. Bahkan, pelaksanaan UN Paket A,B dan C di Kota Sibolga akan dilaksanakan dua gelombang dalam satu tahun ini. Untuk gelombang pertama digelar bulan Juni dan gelombang kedua digelar bulan Nopember," tukas Rustam Manalu.

Dia menegaskan, setiap siswa yang lulus lewat jalur paket A,B dan C, legalitasnya diakui pemerintah dan sama dengan tamatan sekolah yang biasa dan tidak ada bedanya. "Bahkan ijazah paket A,B dan C ini dapat dipergunakan untuk melamar kerja, baik dan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Hal itu ditegaskan dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) RI No.14 Tahun 2007 tentang Standar isi untuk program paket A, B dan C," ujar Rustam, sembari meminta agar seluruh siswa yang akan mengikuti ujian mempersiapkan diri dan belajar di rumah. (metrosiantar.com)

0 komentar:

Posting Komentar