Pages

Rabu, 09 Juni 2010

Nasabah Pegadaian Sepi

Nasabah Pegadaian Kota Sibolga hingga kini masih minim. Berbeda dengan tahun sebelumnya, setiap memasuki tahun ajaran baru biasanya nasabah pegadaian mengalami peningkatan.


"Kalau tahun lalu, saat memasuki tahun ajaran baru banyak kali nasabah yang datang untuk mendapatkan dana segar demi pemenuhan biaya sekolah," ungkap Kepala Perum Pegadaian Cabang Sibolga Saut Lumbangaol, ditemui METRO di kantornya, Selasa (8/6). Saut mengatakan, jumlah nasabah pada awal Juni 2010, masih sedikit. Seingat dia, masih sekitar 3 orang.


Sahat menyebutkan, ketiga nasabah itu beralasan menggadaikan barang berharganya untuk keperluan sekolah dengan jumlah bervariasi, mulai dari pinjaman Rp500 ribu hingga Rp2 juta per orang. "Banyaknya jumlah pinjaman disesuaikan dengan barang gadaian yang diagunkan nasabah. Umumnya, para nasabah menggadaikan barang gadainya berbentuk perhiasan emas dan berlian," sebut Sahat.


Dia mengaku belum mengetahui seberapa besar minat warga Sibolga untuk meminjam uang ke Perum Pegadaian, karena ia sendiri baru sebulan bertugas di Kota Sibolga. "Hingga saat ini, saya masih harus mempelajari kondisi dan situasi kultur warga Sibolga. Tahun kemarin, saya belum bertugas di kantor ini. Saya baru sebulan terakhir ini bertugas di kantor ini," ujar Sahat, yang mengaku baru sebulan terakhir ini dimutasikan dari kantor Cabang Nias.


Biasanya, lanjut dia, kebanyakan para nasabah yang meminjam uang adalah para kontraktor yang akan melaksanakan proyeknya. "Begitupun, kita juga berharap para nasabah yang akan meminjam uang untuk keperluan sekolah juga akan semakin bertambah tahun ini. Biasanya, jumlah dana yang dipinjam dan banyaknya nasabah yang akan meminjam uang untuk keperluan sekolah pada akhir Juni nanti," ucap Sahat.


Catatan METRO, pada tahun lalu, jumlah nasabah yang meminjam uang menjelang tahun ajaran baru yang digunakan untuk keperluan sekolah para anaknya mulai berdatangan sejak pertengahan Mei. Kebanyakan para nasabah menggunakan dana tersebut untuk keperluan membeli keperluan peralatan sekolah siswa baru. (metrosiantar.c0m)

0 komentar:

Posting Komentar