Pages

Jumat, 12 Februari 2010

18-19 Pebruari, Jadwal Pemeriksaan Kesehatan

Tahapan Pemilukada Sibolga

Sesuai hasil konsultasi Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sibolga dengan Rumah Sakit Umum (RSU) dr Ferdinan Lumbantobing, jadwal pemeriksaan kesehatan para bakal calon (balon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sibolga tanggal 18-19 Pebruari mendatang. Demikian dikatakan Ketua KPUD Sibolga Nazran SE kepada METRO, Rabu (10/2) usai rapat koordinasi dengan Direktur RSU FL Tobing Sibolga dr Lubuk P Saing SpA.

Disebutkannya, kehadiran KPUD di RSU FL Tobing Sibolga untuk melakukan konsultasi terkait jadwal pemeriksaan kesehatan balon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sibolga yang mengikuti Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Sibolga tahun 2010.

"Sebelumnya kami sempat mengirimkan jadwal pemeriksaan kesehatan balon tanggal 14 hingga 28 Pebruari. Jadi dari hasil konsultasi kami dengan Dirut RSU FL Tobing dr Lubuk P Saing SpA bersama Kabid Pelayanan dr Tunggul Sitanggang, jadwal yang kami kirimkan terdahulu kami sepakati diubah menjadi tanggal 18 hingga 19 Pebruari. Sementara pendaftaran balon tetap digelar 12–18 Pebruari, dan pengumuman dapat dilihat di papan pengumuman di kantor KPUD, kantor kelurahan, maupun melalui media cetak," terang Nazran.

Menurutnya, para balon dapat menjalani pemeriksaan kesehatan yang dilakukan tim dokter yang telah dihunjuk RSU FL Tobing Sibolga, setelah mereka resmi mendaftarkan diri ke KPUD. Jika balon tersebut belum mendaftar secara resmi ke KPU, maka tim dokter yang telah dihunjuk tidak dapat melakukan pemeriksaan kesehatan.

"Para balon yang dapat dilakukan pemeriksaan kesehatannya oleh tim dokter di RSU FL Tobing Sibolga, apabila mereka telah resmi mendaftar sebagai peserta Pemilukada. Nantinya, KPU akan memberikan surat pengantar untuk diberikan kepada tim dokter yang akan memeriksa kesehatan mereka di RSU FL Tobing," ujarnya.

Lebih lanjut Nazran menjelaskan, pemeriksaan kesehatan para balon merupakan bagian dari verifikasi. Hasil pemeriksaan kesehatan para balon yang dikeluarkan tim dokter sudah final dan sah, tidak dapat dibanding-bandingkan dengan hasil pemeriksaan di rumah sakit lainnya.

"Sejak dibukanya pendaftaran secara resmi di kantor KPUD Kota Sibolga tanggal 12-18 Pebruari, saat itu juga para balon yang bertarung pada Pemilukada Sibolga sudah dapat langsung mendaftarkan diri," jelasnya.

8 Dokter Disiapkan

Untuk memeriksa kesehatan para balon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sibolga, pihak RSU Dr FL Tobing Sibolga telah menyiapkan 8 dokter. Tim dokter yang akan melakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh terhadap para balon di antaranya dokter ahli penyakit dalam, dokter ahli bedah, dokter paru, dokter mata, dokter radiologi, dokter umum, dokter patologi klinik, dan dokter psikiater.

Seperti disampaikan Direktur RSU Dr FL Tobing Sibolga dr Lubuk P Saing SpA, kemarin. Disebutkannya, pemeriksaan kesehatan para balon berlangsung selama 2 hari. Hal ini, katanya, sesuai hasil konsultasi mereka dengan KPUD Sibolga.

"Pemeriksaan kesehatan para balon dilakukan di RSU FL Tobing oleh tim dokter apabila mereka telah membawa surat pengantar dari KPUD Sibolga. Jika tidak membawa surat pengantar, tim dokter tidak akan melayani," katanya.

Ditambahkannya, pemeriksaan kesehatan dilakukan tim dokter mulai pukul 07.30 WIB hingga selesai. Pemeriksaan diawali oleh dokter radiologi. Ketika pemeriksaan dilakukan, mereka yang tidak berkepentingan tidak diizinkan masuk ke ruang pemeriksaan.

"Hasil pemeriksaan nantinya diserahkan kepada KPUD. Sementara tarif pemeriksaan kesehatan dibiayai KPUD selaku penyelenggara Pemilukada Sibolga, sesuai Peraturan Daerah (Perda) Kota Sibolga Nomor 7 tahun 2009," jelas Lubuk P Saing. (metrosiantar.com)

0 komentar:

Posting Komentar