Pages

Jumat, 12 Februari 2010

Wakil Rakyat Sesalkan Pembangunan Jalan Alternatif Sudirman–Walet Tak Rampung

Pembukaan jalan alternatif di Kelurahan Parombunan Kecamatan Sibolga Selatan, Sibolga menghubungkan Jalan Sudirman dengan Jalan Walet dikerjakan dalam program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) tahun 2008, menelan anggaran APBD senilai Rp200.000.000, hingga kini tak rampung dan tidak bisa dilalui warga setempat.

“Situasi jalan tembus ini sungguh memprihatinkan, karena disamping hanya menghabiskan dana tanpa manfaat serta belum dapat dipergunakan warga meskipun berjalan kaki. Selain itu, kondisi jalan sangat terjal,” kata Ketua Pokja A DPRD Sibolga, Jamil Zeb Tumori kepada Analisa usai meninjau lokasi pembukaan jalan alternatif, Senin (8/2).

Menurutnya, jalan itu sudah setahun lebih ditinggalkan dan tak lagi ditampung anggaran kelanjutan pembangunan dalam APBD 2010 Kota Sibolga. Sehingga program itu terkesan sengaja ditinggalkan tanpa dilanjutannya. Padahal, dengan pembukaan jalan alternatif tersebut, akan menambah akses jalan dan lahan pemukiman warga Kota Sibolga.

“Saya minta pembukaan jalan ini dilanjutkan pembangunannya, sehingga jalan tersebut dapat tembus dan dapat digunakan masyarakat. Artinya, 2011 nanti jalan tersebut sudah dapat dilalui kenderaan. Selain itu, mampu mengalokasikan pemukiman baru bagi masyarakat, sehingga permasalahan lahan terbatas dan kepadatan pemukiman di inti kota dapat diatasi secara bertahap,” harap Jamil.

Politisi muda asal Golkar Sibolga ini berpendapat, Bappeda selaku perencana pembangunan daerah harus jeli menyeleksi pengajuan program yang diajukan Dinas PU Sibolga untuk program berikutnya. “Artinya, Bappeda harus mampu mencerna dan mengadopsi pembangunan yang dibutuhkan dan bersentuhan dengan rakyat secara prioritas sekaligus dalam mewujudkan visi dan misi pemerintah Kota Sibolga. Bahkan, saudara Kadis PU Sibolga harus mampu menyeleksi program yang diajukan dalam musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) dan harus melanjutkan proyek yang belum terselesaikan secara baik,” tuturnya.

Dalam melanjutkan pembangunan yang sudah terprogram, sambung Jamil, Pemko Sibolga jangan terkesan setengah hati. “Terlebih, diakhir masa jabatan Walikota Sibolga, Drs. Sahat P Panggabean harus menunjukkan pemerintahan yang baik dan berwibawa di tengah masyarakat dan jangan pernah terjebak dalam permasalahan nantinya,” harap Jamil lagi. (analisadaily.com)

0 komentar:

Posting Komentar