Pages

Rabu, 17 Februari 2010

Primagama dan SARMA Gelar Try Out UN Gratis

Sekitar 3000-an siswa SLTA/Sederajat dari berbagai sekolah di Sibolga mengikuti try out (uji coba) Ujian Nasional (UN) di Gedung Olah Raga (GOR) Aek Parombunan Sibolga, Selasa (16/2). Kegiatan tersebut diselenggarakan Lembaga Pendidikan Primagama Cabang Sibolga bekerja sama dengan bakal calon (balon) Wali Kota-Wakil Wali Kota Sibolga Drs HM Syarfi Hutauruk–Marudut Situmorang AP MSP atau SARMA.

Ketua Panitia Penyelenggara Try Out, Rafandi Malau kepada METRO mengatakan, pelaksanaan try out tersebut guna memperkenalkan secara dini Lembar Jawaban Komputer (LJK) UN kepada siswa. Kemudian kata Rafandi, try out tersebut juga untuk menguji dan mengetahui sejauh mana kemampuan pengetahuan siswa.

Sehingga siswa kelak dalam mengikuti UN benar-benar dapat mempersiapkan diri, baik mental maupun kemampuan pengetahuannya dalam mengisi LJK dan menjawab soal-soal yang akan ujikan," kata Rafandi. Lebih lanjut dikatakannya, dengan adanya try out ini, siswa akan lebih memahami dan mengerti tata cara pengisian LJK yang baik dan benar. Demikian juga model soal yang akan diujikan pada UN nanti, sehingga siswa diharapkan mampu meraih standar nilai kelulusan yang diterapkan pemerintah.

Sementara itu, balon Wali Kota Sibolga Drs HM Syarfi Hutauruk didampingi pasangannya Marudut Situmorang AP MSP dalam sambutannya mengatakan, melalui try out ini diharapkan kehadiran Lembaga Pendidikan Primagama dapat lebih bermanfaat bagi siswa, terutama dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Sibolga.

"Try out ini bertujuan mengukur kemampuan siswa dalam mengerjakan soal-soal UN, dan siswa mengukur kemampuannya sejauh mana ia bisa mengikuti UN. Dari sini, baik siswa maupun sekolah bisa tahu sejauh mana siswanya bisa mengerjakan soal-soal UN, dan bagaimana mempersiapkan mereka mengikuti UN nanti," sebutnya.

Lebih lanjut dikatakannya, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian pasangan Syarfi-Marudut terhadap dunia pendidikan umumnya, khususnya di Sibolga. Try out dilaksanakan sebagai upaya agar tingkat kelulusan UN SMA dan SMK di Sibolga tahun ini bisa mencapai 100 persen. Selain itu, agar siswa bisa menjadikan try out bukan hanya sebagai persiapan UN, tapi juga menjadi tolak ukur bagi setiap siswa untuk melihat kemampuan yang ada dalam diri mereka.

"Try out ini dikhususkan bagi siswa SLTA, baik SMA, SMK, ataupun Madrasah Aliyah (MA) se-Sibolga. Kami turut peduli terhadap siswa-siswi kelas III di Sibolga ini, mengingat pelaksanaan UN 2010 sudah semakin dekat," katanya.

Syarfi melanjutkan, pihaknya sengaja tidak memungut biaya kepada peserta. Meski begitu, fasilitas yang diberikan tidak berbeda dengan try out yang biasa dipungut biaya.

"Kita tetap berikan fasilitas yang dibutuhkan para peserta. Mulai naskah soal, lembar jawaban komputer, koreksi langsung dengan OMR Opscan 5 atau Smart Mark Reader, serta pembahasan soal," ujarnya seraya mengatakan kualitas soal yang diberikan tidak sembarangan.

Sejumlah siswa, di antaranya Lenny, Rani, dan Febry mengaku cukup gembira dengan kegiatan try out tersebut. Sejauh ini, kata mereka, jarang ada try out UN gratis kepada siswa-siswi yang ada di Sibolga.

"Ini merupakan momentum yang baik bagi kami untuk semakin memahami apa yang kami hadapi dalam pelaksanaan UN nantinya," kata mereka.

Menurut mereka, kehadiran mereka bersama ribuan siswa SLTA di Sibolga lainnya merupakan rasa antusias dan respon positif terhadap pelaksanaan try out.

"Kami tahu kegiatan ini diselenggarakan oleh Primagama dan pasangan Syarfi-Marudut, yang sudah dikenal sebagai bakal calon Wali Kota Sibolga. Namun kami melihat sisi positif yang dilakukan oleh pasangan ini, yang begitu peduli dengan nasib pendidikan di Sibolga," kata mereka seraya menambahkan dengan adanya try out ini, siswa maupun sekolah bisa tahu sejauh mana siswanya bisa mengerjakan soal-soal UN, dan bagaimana mempersiapkan mereka mengikuti UN yang sebenarnya.

Acara try out itu sendiri berjalan lancar dan tertib. Ribuan siswa dari berbagai SLTA se-Sibolga antusias dan bersemangat mengikuti try out. Tampak hadir sejumlah anggota DPRD Sibolga, seperti Radjali Silalahi, Albar Sikumbang, Herry Yon Marbun, Kusnan Efendi Situmorang, dan dari Dinas Pendidikan Sibolga. (metrosiantar.com)

0 komentar:

Posting Komentar