Pages

Jumat, 12 Februari 2010

Panitia di Taput Dilantik

erw

Pembentukan Provinsi Tapian Nauli

Panitia Pembentukan Provinsi Tapian Nauli, Kamis (11/2) secara resmi terbentuk di Tapanuli Utara. Acara peresmiannya diadakan di Hotel Perdana, Tarutung, dihadiri sejumlah pemrakarsa dari Tapanuli Tengah (Tapteng).

Adapun pemrakarsa pembentukan Provinsi Tapian Nauli yang hadir, antara lain Drs HT Lumbantobing, MBA, selaku Ketua Harian, Dr Parlin Lumbantobing (Wakil Ketua Umum), Tigor Tambunan, SSos (Sekretaris Umum), St Jansen Hutagalung (anggota), SMT Simanjuntak (anggota), dan Panusunan Hutabarat, SE (anggota). Sementara, Mayjen (Pur) MB Hutagalung selaku Ketua Umum Panitia Pembentukan Provinsi Tapian Nauli berhalangan untuk ikut hadir dalam pelantikan panitia untuk daerah Taput.

Drs HT Lumbantobing dalam pengarahannya sebelum pelantikan, mengatakan bahwa latar belakang timbulnya gagasan pembentukan Provinsi Tapian Nauli, adalah mengingat sejarah Keresidenan Tapanuli di Sibolga. Ada pun yang dimaksud dengan Provinsi Tapian Nauli, yakni Kabupaten Tapanuli Selatan, Kabupaten Tapanuli Tengah, Kabupaten Tapanuli Utara, yang saat ini sudah dimekarkan dengan terbentuknya Kabupaten Tobasa, Humbang Hasundutan, dan Kabupaten Samosir. "Itulah daerah-daerah yang nantinya masuk dalam wilayah Provinsi Tapian Nauli yang akan dibentuk. Ditambah lagi dengan wilayah Nias," papar HT Lumbantobing menjelaskan.

Sementara kepanitiaan yang sudah terbentuk, yakni di Tapteng, Kotamadya Sibolga, dan Tapanuli Utara. Sedangkan untuk Kabupaten Tobasa, Humbahas, dan Samosir, Tapsel, akan menyusul. Diharapkan, pembentukannya berakar dari bawah, dapat duduk bersama sepikiran dan sehati. Tidak membedakan etnik, budaya, pangkat, dan jabatan. Selain itu, menurut Lumbantobing, yang duduk di kepanitiaan terdiri dari berbagai unsur yang mau ikut berjuang ke depan.

Panitia yang terbentuk untuk Taput, terdiri dari: Ketua Umum Jonni Panggabean, ST, dibantu wakil-wakilnya lima orang, Sekretaris Umum Romauli Sihombing, Wakil I M Roy Siregar, dibantu empat wakil sekretaris lainnya, Bendahara Umum Tota Situmeang. Pengurus inti dibantu komisi-komisi, mencakup bidang Pemerintahan Drs Eben Simanungkalit, MM, Komisi Kultur Ebsan Sinaga, Komisi Ekonomi Ir Longgam Panggabean, Komisi Kemasyarakatan Jasa Sitompul, SH,MH. Komisi-komisi tersebut dibantu sejumlah personel lainnya. (batakpos-online.com)

0 komentar:

Posting Komentar